PROGRAM SCRATCH JR GAME DAN ANIMASI
• Agloritma membuat game di ScratchJr:
1. Menentukan tema. Disini saya menggunakan tema laut dan ada penyelam yang akan berenang ke permukaan, tetapi sebelum itu ia harus melewati ikan-ikan yang berlewatan.
2. Memilih background game. Untuk di page pertama, saya memilih background 'underwater'
3. Memilih karakter yang akan dimainkan oleh player
4. Memilih karakter lain yang akan dijadikan rintangan. Saya menggunakan karakter 2 ikan sebagai rintangannya
5. Mengklik karakter yang akan dimainkan, lalu pilih "start on message", dan tambahkan "move up" agar karakternya bisa bergerak keatas
6. Untuk 2 ikan yang berperan sebagai rintangannya, pertama-tama diberi tanda "green flag", lalu "move right" dan ditambahkan "repeat forever" agar ikan tersebut berenang terus menerus. Untuk ikan ke 2, dilakukan hal yang sama. Tetapi ia berenang berlawanan arah dengan ikan ke 1
7. Lalu agar kedua ikan tersebut dapat membuat player 'game over' saat terkena ikan tersebut, maka harus menggunakan "start on bump" lalu tambahkan "go to page 2"
8. Sebelum berpindah ke page 2, kita harus membuat tombol untuk si karakter penyelam tsb bergerak. Caranya klik tanda plus dibagian kiri layar, lalu pilih kertas kosong disebelah pojok kiri atas
9. Pilih bentuk segitiga, lalu blok segitiga tsb dengan warna yang sesuai dengan keinginan
10. Sesuaikan segitiga tsb dilayar game
11. agar segitiganya bisa di klik, pilih "start on tap" lalu "send message" untuk menggerakkan karakter penyelam
12. Berpindah ke page 2
13. Pilih background 'underwater' sama seperti di page 1
14. Buat bentuk oval dgn cara klik tanda plus dibagian kiri layar, lalu pilih kertas kosong disebelah pojok kiri atas, pilih bentuk bulat, lalu bentuk menjadi oval dan warnai oval tsb dengan warna yang sesuai dengan keinginan kalian
15. Sesuaikan oval tsb ke bagian tengah-tengah layar page 2
16. Ketik "game over" dan "try again"
17. Geser tulisan "game over" ke bagian atas page, dan beri warna merah
18. Untuk yang "try again", taruh di tengah-tengah bentuk oval tadi
19. Klik bentuk oval, dan tambahkan "start on tap" lalu pilih "go to page 1". Sehingga jika kita kalah dalam memainkannya, kita akan dihadapkan lagi ke page pertama
20. Agar kita bisa menang, maka kita harus mengenai letak finish yang berada dibagian atas page 1
21. Pertama-tama buat bentuk oval seperti cara yang diberikan di nomor 14. Tetapi dengan bentuk yang lebih kecil
22. Taruh oval tersebut dipinggiran bagian atas page 1
23. Ketik "finish" lalu sesuaikan diatas oval tadi
24. Buat page baru
25. Pilih background 'beach'
26. Ketik "congratulations" dan "you win"
27. Sesuaikan tulisannya dipage tsb
28. Kembali ke page 1, lalu pilih karakter oval
29. Beri "start on bump" dan tambahkan "go to page 3"
30. Game selesai dibuat.
• Agloritma membuat Animasi di ScratchJr:
1. Menentukan tema
2. Memilih background library
3. Memilih 2 karakter manusia perempuan dan laki-laki
4. Menyesuaikan ukuran karakter dengan cara mengklik "GROW/SHRINK"
5. Disetiap karakter, diberi tanda "green flag"
6. Klik karakter laki-laki, lalu klik logo chat atau "SAY". Ketik kata-kata untuk memulai percakapan. Contoh: "Hai Ella, apa yang sedang kau lakukan disini?"
7. Beri waktu si karakter lain untuk berbicara terlebih dahulu dengan cara klik "WAIT" Lalu sesuaikan detik waktunya
8. Lakukan hal yang sama pada karakter lain berulang kali sampai menjadi dialog percakapan pendek
9. Berikan tanda "move right" dikedua karakter. Agar mereka bisa berjalan
10. Animasi sederhana pun selesai dibuat.
Link video tutorial membuat animasi ScratchJr: https://youtu.be/tXBNtZ4OP6o
NAMA: SHELVY SALSABILA
NO ABSEN: 28
KELAS: 9B
Komentar
Posting Komentar